* Penyebab Abortus *

Sebelum melangkah lebih jauh, kita segarkan dulu ingatan kita tentang apa itu abortus. Abortus adalah ancaman atau pengeluaran hasil konsepsi pada usia kehamilan kurang dari 20 minggu atau berat janin kurang dari 500 gram. Jadi untuk bisa mengatakan seorang wanita mengalami abortus haruslah memenuhi persyaratan di atas.

Setelah tahu apa itu abortus, maka sekarang kita harus mengetahui apa saja penyebab terjadinya abortus. Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan seorang wanita mengalami abortus:

  1. Kelainan pertumbuhan hasil konsepsi. Kelainan inilah yang paling umum menyebabkan abortus pada kehamilan sebelum umur kehamilan 8 minggu. Beberapa factor yang menyebabkan kelainan ini antara lain: kelainan kromosom/genetic, lingkungan fisik tempat menempelnya hasil pembuahan yang tidak bagus atau kurang sempurna, dan pengaruh zat-zat yang berbahaya bagi janin, seperti radiasi, obat-obatan, tembakau, alcohol, dan infeksi virus.
  2. Kelainan pada plasenta. Kelainan ini bisa berupa gangguan pembentukan pembuluh darah pada plasenta yang disebabkan oleh penyakit tinggi menahun.
  3. Factor ibu, seperti penyakit kronis yang diderita sang ibu, seperti radang paru-paru, tifus, anemia berat, keracunan, dan infeksi virus toksoplasma.
  4. Kelainan yang terjadi pada organ kelamin ibu, seperti gangguan pada mulut rahim, kelainan bentuk rahim terutama rahim yang lengkungannya ke belakang (secara umum rahim melengkung ke depan), mioma uteri, dan kelainan bawaan pada rahim.
By putrynurul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s