* Jalan Lahir *

Otot rahim tersusun oleh tiga lapis sumbernya dari kedua tanduk rahim yaitu longitudinal (memanjang), melingkar, dan miring. Susunan demikian menguntungkan karena segera setelah persalinan, akan dapat menutup pembuluh darah dan menghindari terjadinya perdarahan dari tempat implantasi plasenta (ari-ari). Disamping kontraksi yang dominan dibagian fundus (bagian atas rahim) pada kala pertama persalinan menyebabkan terjadi pembukaan secara pasif mulut rahim, mendorong bagian janin terendah menuju jalan lahir sehingga ikut aktif dalam membuka mulut rahim.

Kedudukan janin dalam rahim sekitar 97% adalah letak kepala sehingga persalinan berlangsung secara spontan (dengan kekuatan sendiri) cukup bulan dan hidup. Bila dijumpai kejadian persalinan demikian berarti keadaan panggul dan janin yang normal dan kerja sama antara tiga kekuatan his dan mengejan, passenger (janin dan ari-ari), dan passage (jalan lahir tulang dan lunak) telah menunjukkan keserasian.

Persalinan pada letak kepala yang paling utama adalah persalinan kepala, karena merupakan bagian terbesar, keras dan mempunyai kemampuan mengecil (moulase) terbatas. Persalinan badan janin sebagian besar berlangsung dengan baik tanpa kesulitan karena bahu janin dapat diperkecil tanpa terjadi kerusakan yang berarti.

By putrynurul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s